Kenaikan Pangkat

Pangkat adalah kedudukan yang M menunjukkan tingkatan seseorang Pegawai Negeri Sipil berdasarkan jabatannya dalam rangkaian susunan kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian. Kenaikan pangkat adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil terhadap Negara, serta sebagai dorongan kepada Pegawai Negeri Sipil untuk lebih meningkatkan prestasi kerja dan pengabdiannya. Agar kenaikan pangkat dapat dirasakan sebagai penghargaan, maka kenaikan pangkat harus diberikan tepat pada waktunya dan tepat kepada orangnya.

Periode kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil ditetapkan tanggal 1 April dan 1 Oktober setiap tahun, kecuali kenaikan pangkat anumerta dan kenaikan pangkat pengabdian. Masa kerja untuk kenaikan pangkat pertama Pegawai Negeri Sipil dihitung sejak pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Kenaikan pangkat dilaksanakan berdasarkan sistem kenaikan pangkat reguler dan sistem kenaikan pangkat pilihan. Kenaikan Pangkat Reguler Kenaikan pangkat reguler diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang tidak menduduki jabatan struktural atau jabatan fungsional tertentu dan diberikan sepanjang tidak melampaui pangkat atasan langsungnya. Kenaikan pangkat reguler ini diberikan sekurang-kurangnya telah 4 tahun dalam pangkat terakhir dan pangkat tertingginya ditentukan oleh pendidikan tertinggi yang dimilikinya.

Setiap pegawai baru yang dilantik atau diputuskan sebagai Pegawai Negeri Sipil / PNS baik di pemerintah pusat maupun daerah akan diberikan Nomor Induk Pegawai atau NIP yang berjumlah 18 dijit angka

Sumber : http://www.bkn.go.id

Ketentuan usulan kenaikan pangkat :

  1. Sekurang-kurangnya telah 4 (empat) tahun dalam pangkat terakhir (per April atau per Oktober tergantung TMT SK terakhir)
  2. Mempunyai nilai kinerja baik yang dibuktikkan oleh:
  • Nilai Kinerja memenuhi syarat dalam 1 (satu) tahun terakhir, sekurang-kurangnya mempunyai skala nilai 3 skala perhitungan (o-5)
  • DP3 2 (dua) tahun terakhir, sekurang-kurangnya bernilai baik atau >76

Syarat Kelengkapan Kenaikan Pangkat (.docx)

Syarat Kelengkapan Kenaikan Pangkat (.pdf)

Susunan Pangkat (.docx)

Susunan Pangkat (.pdf)

Susunan Golongan PNS Baru Sesuai Pendidikan Terakhir (.docx)

Susunan Golongan PNS Baru Sesuai Pendidikan Terakhir (.pdf)